Rabu, 30 November 2011

Bab 4 E-mail untuk keperluan informasi dan komunikasi

MENGGUNAKAN EMAIL UNTUK KEPERLUAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Pengertian dan Cara membuat E-mail Yahoo

Pengertian E-mail
Pengertian e-mail (yang berasal dari kata electronic mail) kalau dilihat dari segi bahasa penyusunnya berarti surat yang dikirimkan menggunakan media elektronik. Kalau kita tinjau dari kamus istilah computer e-mail artinya surat menyurat melalui Internet. Pengguna dapat saling bertukar berita.
Membuat Alamat Email
Agar seseorang mempunyai alamat email, maka dapat dilakukan dengan langkah langkah sebagai berikut:
  1. Buka web browser (misalnya internet explorer/Mozilla Firefox)
  2. Ketik alamat www.yahoo.com pada address bar Maka akan tampil halaman utama dari   yahoo.com.
  3. Kemudian klik tab mail yang ada pada halaman utama tersebut Akan tampil halaman mail yahoo.com sebagai berikut :
a. Pilih “Create New Account !”

  



b. halaman berikutnya. Form registrasi (mendaftar e-mail baru) tersebut adalah sebagai berikut.

  • Mengisi First name : Nama depan, dan juga Last name : nama belakang. Kalau seorang hanya mempunyai nama satu kata saja (aliran satu kata), maka dapat ditulis dobel/sama.
  • Pilihlah Preferred content, untuk defaultnya adalah Yahoo! Us.
  • Mengisi Gender (Male atau Female).
  • Mengisi Yahoo! ID. Yahoo! ID terdiri dari huruf a-z, angka 0-9
  • dan tanda penghubung garis bawah (underscores).
  • Password : Isi passwordnya dengan karakter, angka atau gabungan dari keduanya. Password tidak boleh lupa, karena kalau seandainya lupa, maka kita nanti akan kerepotan dan tidak dapat membuka alamat email yang kita buat. Tulislah password sebanyak dua kali pada kolom yang berbeda, dengan password yang sama.
  • Security Question : Digunakan apabila kita lupa terhadap
  • password, maka kita dapat mengikuti petunjuk dengan security
  • tersebut.
  • Mengisi tanggal kelahiran dengan format : Bulan, Tanggal dan
  • Tahun kelahiran. Isi sesuai dengan kondisi saudara.
  • Mengisi ZIP / Postal Code : Isikan kode pos.
  • Mengisi Alternate Email ( optional ) : Tidak wajib diisi atau boleh
  • diisi jika sudah punya alamat Email.
  • Industry : Pilihlah industri yang sesuai dengan saudara.
  • Title : Isi dengan nama jabatan saudara pada industri atau
  • lembaga tempat bekerja.
  • Specialization : Isilah sesuai dengan spesialisasi saudara
  • bekerja.
  • Mengetikkan kode yang sama seperti tertulis di dalam kotakkotak
  • dibawahnya.
  • Menulis security text.
  • Setelah semuanya selesai, maka tekanlah menu I Agree.
c. Isi semua form yang ada dengan benar. Panduannya tersedia di

Mengecek Email
Untuk mengecek suatu email, maka ikuti langkah-langkah sebagai berikut.
a. Masuk dihalaman situs Internet misalkan http://mail.yahoo.com
b. Maka akan keluar menu seperti gambar dibawah ini.
c. Isilah Yahoo ID dan juga Passwordnya, kemudian tekan enter.
Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:
Klik “Inbox” untuk mengecek email yang masuk
Setelah klik “inbox” akan muncul tampilan seperti dibawah ini :
Klik pada subject (judul email) untuk membuka dan membaca email
yang masuk.





Mengirim Email
Untuk mengirimkan suatu Email, maka ikuti langkah-langkah sebagai berikut.
a. Masuk di halaman situs Internet misalnya http://mail.yahoo.com
b. Maka akan keluar menu seperti gambar dibawah ini.
c. Ketik Yahoo ID dan juga Passwordnya.
Tekan Enter atau klik “Sign In” maka akan keluar tampilan seperti
gambar berikut ini:
Klik “Compose” untuk menulis email
Setelah klik compose akan muncul tampilan seperti berikut :
Isi semua form dan silahkan ketik email. Kemudian klik “Send”.
To        : (Alamat email yang dituju, misal d_one85@rocketmail.com)
Subject : (Judul email)
Attach Files : (Digunakan untuk mengikut sertakan sebuah file dengan email yang akan dikirimkan. Misal file foto, dokumen, dll.)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar